BLOG
2010-07-11 19:58:43

TENTANG COKELAT

Cokelat cokelat oh cokelat

 

Setiap orang dibelahan dunia manapun mengenal cokelat,dari anak2 …remaja ..orang tuapun banyak menjadi penggemar cokelat.

Rasanya yang begitu menggoda dan sensasinya yang hmm……..nikmat membuat setiap orang tidak akan pernah melupakannya.

Aneka olahan terbuat dari cokelat…ice cream,cake,pudding dan praline.

Seiring dengan perkembangan jaman …….cokelat makin diminati dan digemari……..berbagai variasi olahan cokelat ,selalu menggoda  untuk dicoba dan bisnis cokelat juga kian marak dari yang murah sampai yang exclusive akan kita dapatkan sesuai dengan kantong kita.

Saya akan mencoba memberikan sedikit beberapa pengetahuan tentang cokelat.

 

ASAL USUL COKELAT

Dalam bahasa Indonesia kita menyebutnya cokelat ,dalam bahasa Inggris “CHOCOLATE” yang aslinya berasal dari kata “XOCOATL” dari bahasa suku Aztec dan Maya di Meksiko yang berarti minuman atau cairan pahit .

Pengertian lain dalam bahasa Indian Meksiko dari kata “Choco” dan “Ati” yang artinya busa dan air. Menurut sejarah suku ini yang pertama kali menemukan rahasia pohon cacao pada masa 250-900 tahun sebelum Masehi.

Suku tersebut mengambil pohon cacao dari hutan dan menanam dibelakang tempat tinggal mereka .Kemudian bijinya mereka panen lalu difermentasi ,dibakar dan dihaluskan hingga menjadi pasta atau bubuk halus.

Pada awalnya cokelat dikonsumsi sebagai minuman yang dibuat berbuih ,kadang kadang ditaburi lada merah,vanili,madu atau rempah rempah lain.

Rasanya pahit,sepat dan berlemak.Pada akhirnya penggunaan rempah rempah dihilangkan dan mulai ditambahkan gula,susu dan bahan pelengkap lainnya .Orang orang suku India Mexico menyebutnya “chocolate” dari kata “choco” yang berate busa (foam) dan “ati” yang berate air.

 

PENGERTIAN COKELAT

Cokelat adalah makanan yang terbuat dari biji buah kakao (cacao) yang dijemur atau dikeringkan lalu digiling dan ditambahkan bahan bahan lainnya seperti mentega,gula dan susu bubuk lalu melewati beberapa proses produksi hingga menghasilkan batang batangan cokelat.

 

JENIS JENIS COKELAT

Jenis produk cokelat di pasaran cukup beragam tergantung pilihan atau kebutuhan anda.

Berikut jenis  jenis cokelat yang bisa anda dapatkan di pasaran antara lain :

 

COUVERTURE

Cokelat Coveture merupakan cokelat yang terbaik karena kandunga cocoa butternya yang sangat tinggi membuat penampakannya lebih mengkilap,memiliki konsentrasi leleh yang bagus dan memiliki citarasa cokelat asli yang sangat enak .Cokelat jenis ini umumnya digunakan untuk melapisi cake,dicetak,untuk topping dan bisa untuk dekorasi atau hiasan,cokelat jenis ini mempunyai harga yang relatip lebih mahal.

 

COMPOUND

Cokelat jenis ini terbuat dari campuran bahan antaranya lemak nabati atau minyak kelapa,cocoa powder dan pemanis.Cokelat jenis ini lebih mudah penangannya sehingga lebih cocok bagi anda yang pemula  dibidang cokelat.Harganyapun relatip lebih murah disbanding dengan cokelat conventure.

·        Cokelat batangan yang dijual dipasaran ada beberapa rasa  dengan bahan dan jenis  kandungan yang berbeda-beda diantaranya adalah :

·         Bitter Chocolate,cokelat ini memiliki citarasa yang pahit karena dihasilkan dari  rasa asli dari cokelat itu sendiri,biasanya tidak dijual secara umum tetapi sangat bagus untuk pembuatan kue. Cokelat ini murni terbuat dari chocolate liquor dan 50 % cocoa butter.

·        Bitter Sweet,cokelat ini memiliki citaras perpaduian antara pahit dan manis .Mengandung 35-50% chocolate liquor dengan cocoa butter ,gula dan perasa vanilla.

·        Semi Sweet,cokelat dengan citarasa manis ini biasanya dijual dalam bentuk candy bar (batangan) untuk dikonsumsi setiap saat .Cokelat in kandungannya sama dengan bitter sweet tetapi dengan tambahan gula lebih banyak.

·        Milk Chocolate,cokelat dengan citarasa susu ini,sangat popular dan biasa dijual pasar Indonesia dengan berbagai merk siap dikonsumsi .Mengandung 10% cocoa liquor dan 12% susu.

·        White Chocolate,untuk cokelat yang satu ini sebenarnya bukan cokelat tetapi campuran cocoa butter susu ,vanilla dan gula  tapi tanpa chocolate liquor .Ada banyak cokelat putih murah yang tidak mengandung cocoa butter dijual harga lebih murah ,karena cocoa butter digantikan dengan lemak pengganti.

 

MEMILIH DAN MENYIMPAN COKELAT

Cokelat yang ditawarkan dipasaran sangat beragam.Anda bisa memilih sesuai kebutuhan Anda.Tapi pada saat Anda membeli cokelat dalam kemasan tersebut.

Anda hanya bisa melihat jenis dan komposisinya dan masa kadaluwarsanya yang tercantum dalam label kemasan cokelat tersebut.Berbeda bila Anda membeli cokelat dalam bentuk timbangan.Anda bisa melihat fisik dari cokelat yang anda beli,untuk itu anda harus mengetahui beberapa ciri cokelat bagus diantaranya adalah :

  • Permukaan cokelat halus dan mengkilap
  • Cokelat pekat(dark) memiliki warna cokelat bukan hitam
  • Saat cokelat dipatahkan terdapat beberapa serpihan yang halus dan terlihat.
  • Pada saat anda rasakan dimulut terasa halus dan aromanya terasa dilidah dan tidak terdapat rasa atau aroma yang menyimpang
  • Rasanya creamy tapi tidak berminyak.
  • Cepat meleleh karena tingginya kandungan cocoa butter.

CARA PENYIMPANAN COKELAT

  • Simpan cokelat ditempat yang kering dan dingin atau dengan suhu ruangan 16-18 derajat celcius.Penyimpanan dibawah suhu 13 derajat celcius menyebabkan terjadinya bercak putih (“Sugar Bloom”) dan berkeringat apabila ditempatkan dalam suhu terlalu tinggi juga akan menyebabkan perubahan kandungan lemak karena panas permukaan terlihat sangat berminyak dan lengket (“Fat Bloom”)
  • Apabila pembungkusnya sudah dibuka rapatkan kembali pembungkusnya .sehingga tidak ada udara yang masuk atau pindahkan dalam kotak atau tempat yang kedap udara.
  • Hindari menyimpan cokelat dalam lemari es kecuali anda tidak mempunyai ruangan ber AC .Bila menyimpan cokelat dalam lemari es pada saat cokelat mau digunakan ,keluarkan cokelat terlebih dahulu dan biarkan pada suhu normal /suhu ruangan dulu hingga uap esnya hilang ,baru gunakan sesuai kebutuhan.

Cokelat yang disimpan dengan baik akan tahan +/- 1 tahun.Meskipun sudah terjadi “Bloom” tetapi tidak menimbulkan perubahan yang menonjol pada rasa cokelat .Jadi anda masih bisa melelehkan dan menggunakannya pada kue anda selama belum  melampui tanggal kedaluarsanya

 

Nah mungkin sedikit penjelasan ini dapat menambah pengetahuan Anda ,selamat menikmati cokelat cokelat dari mmCoklat......

( Dikutip dari  Aneka Tips majalah Lezat Edisi Khusus I Volume VI hal 4)....
 
  Copyright 2010 MMCoklat. All Rights Reserved